Selasa, 25 September 2018

Flowchart sederhana pembayaran E-Toll

" Flowchart Sederhana Pembayaran E-Toll "
by : Muhamad Arif Prayugo 
 
Assalamu'alaikum warrohmatullohi wabarokatuh
Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang proses pembayaran toll secara elektronik atau lebih dikenal dengan istilah E-Toll Card. Setelah kemarin kita sudah belajar tentang dasar-dasar Flowchart dan DFD (Data Flow Diagram) baik pengertian dan penjelasan beserta simbol-simbol yang sering digunakan.
Langsung saja kita bahas tentang Flowchart Sederhana Pembayaran E-Toll dan berikut adalah contoh flowchartnya :
 Gambar 01. FLowchart Sederhana Pembayaran E-Toll
 
Nah Perhatikan gambar flowchart diatas, itu adalah gambaran sederhana tentang alur penggunaan E-Toll Card, untuk keterangan lengkapnya ada dibawah ini :
  1. Langkah pertama siapkanE-Toll Card sebelum memasuk Toll 
  2. Tempelkan E-Toll Card pada tempat scanner yang sudah disediakan dan pastikan posisi E-Toll  Crad benar sesuai petunjuk penggunaan yang tertera
  3. Setelah E-Toll Card sudah ditempelkan pada area scanner dengan benar maka sistem akan melakukan pengecekan "Apakah Kode E-Toll Card sesuai ?"
  4. Jika kode E-Toll card tidak sesuai maka sistem tidak akan memproses dan apabila E-Toll Card sesuai maka sistem akan melakukan proses penghitungan biaya Toll sesuai jenis Golongan kendaraan dan jarak.
  5. kemudian sistem melaukan pengecekan saldo E-Toll Card "Apakah Saldo E-Toll Card lebih besar atau samadengan biaya?" dan jika saldo kurang dari biaya maka sistem akan menampilkan output "Mohon maaf saldo anda kurang" dan sistem akan keluar dan tidak melanjukan proses. Apabila Saldo lebih dari atau samadengan biaya maka sistem akan menyimpan data transaksi tadi ke dalam database.
  6. Setelah data tersimpan di database sistem akan menampilkan Output Rincian biaya dan sisa saldo pada LCD Gardu Toll dan membuka portal Gardu Toll otomatis.
  7. Sistem juga akan melakukan print out rincian biaya, sisa saldo dan tanggal serta waktu transaksi dalam bentuk struk/nota kertas print out
Begitulah Flowchart Sederhana pembayaran E-Toll secara garis besarnya. Dan kini kemajuan teknologi semakin tak terbendung lagi dengan ditandainya pemanfaatan teknologi yang semakin meluas dalam segala aspek guna mempermudah kegiatan, dalah satunya adalah dengan penggunaan E-Toll Card yang sudah hampir ke seluruh penjuru indonesia.
Ada beberapa manfaat dari adanya penggunaan E-Toll Card, diantaranya :
  1. Lebih efektif mengurangi kemacen di gerbang toll, yang biasanya kemacetan disebabkan oleh proses yang masih manual seperti operator melakukan scan mannual dan proses menghitung serta pengembalian.
  2. Lebih efisein, karena proses dilakukan secara otomatis dan pembayaranya juga dilakukan secara elektrik.
  3. Mengurangi penggunaan Sumber daya yang tidak perlu, seperti lebih menghemat dana karna tidak lagi menggaji operator.
Demikianlah gambaran sederhana dan manfaat E-Toll Card yang bisa saya jelaskan, semoga bisa bermanfaat. Saya ucapkan terimakasih banyak sudah mau mampir di blog ini....
Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknologi RFID pada e-Toll card

Pembayaran e-Toll Mudahkah?? Begini Diagram Alir nya.. Oleh : Noni Anggraeni Dewasa ini perkembangan teknologi semakin melaju pesat. Ha...

STMIK KHARISMA Karawang

STMIK KHARISMA Karawang