Sabtu, 15 September 2018

Pengenalan dasar DFD (Data Flow Diagram) dan Flowchart



DATA FLOW DIAGRAM (DFD) DAN FLOWCHART
By : Muhamad Arif Prayugo

Assalamu’alaikum Warrohmatullohiwabarokatuh…
Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang Pengertian (Data Flow Diagram) DFD Dan Flowchart ,namun sebelum membahasnya saya akan menjelaskan apa dlu itu Data ? dan berikut ini adalah pengertian data menurut beberapa ahli :
  • Data merupakan keterangan, bukti atau fakta tentang suatu kenyataan yang masih mentah (original) yang belum diolah. (Zulkifli A.M)
  •  Data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka, lambang, atau sifat. (Kuswadi dan E. Mutiara)
  •  Data adalah keterangan mengenai suatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambing, kata huruf-huruf yang menyatakan suatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi (Nuzulla Agustina)
Nah, sekarang kita sudah tau kan apa itu data ? oke sekarang kita lanjut ke pembahasan inti saja biar lebih cepet faham dan pinter. :D Hehe 
Seringkali kita mendengar kata DFD dan Flowchart, bahkan mungkin kata ini sudah jadi bahan cemilan bagi para programmer atau orang-orang yang berkecimpung di dunia teknologi. Dan untuk kalian yang belum tau apa itu DFD dan Flowchart jangan risau jangan galau. Hehe :D karna saya akan bahas tentang Pengertian Dasar DFD dan Flowchart untuk kalian.
Data Flow Diagram atau yang sering disingkat DFD adalah representasi grafis dari aliran data melalui sistem. DFD menggambarkan komponen-komponen sebuah sistem, aliran-aliran data dimana komponen-komponen tersebut, dan asal, tujuan dan penyimpanan dari data tersebut. Kita dapat mengggunakan DFD untuk dua Hal utama, yaitu ; Untuk membuat dokumentasi dari sistem informasi yang ada, atau menyusun dokumentasi untuk sistem informasi yang baru.
 Gamabar. 01 Simbol Dasar DFD
v  Ada 3 jenis DFD (Data Flow Diagram), yaitu:
1.      Context Diagram (CD)
Context Diagram (CD) adalah suatu diagram alir yang tingkat tinggi (DFD Top Level) yang menggambarkan seluruh jaringan, masukan dan keluaran.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggambar Context Diagram (CD) :
1.      Terminologi Sistem
·Batas sistem adalah batas antara daerah kepentingan sistem.
·Lingkungan sistem adalah segala sesuatu yang berhubungan atau mempengaruhi sistem tersenut.
·Interface adalah aliran yang menghubungkan sebuah sistem dengan lingkungan sistem tersebut.
2.       Menggunakan satu symbol Proses
yang masuk dalam lingkaran konteks (Simbol Proses) adalah kegiatan pemrosesan informasi (batas sistem). Kegiatan informasi adalah mengambil data dari file , mentransformasikan data, atau melakukan filing data; misalnya mempersiapkan dokumen, masukan, memeriksa, mengklasifikasi, mengatur, menyortir, menghitung, meringkas data, dan melakukan filing data (baik yang secara manual atau dilakukan secara terotomisasi)
2.      DFD Fisik
DFD Fisik adalah representasi grafik dari sebuah sistem yang menunjukan entitas-entitas internal dan eksternal dari sistem tersebut, dan aliran-aliran data ke dalam dan ke luar dari entitas-entitas tersebut.
·         Entitas-entitas internal adalah personel, tempat, atau mesindalam sistem tersebut yang mentransformasikan data
3.      DFD Logis
DFD Logis adalah representasi grafik dari sebuah sistem yang menunjukan proses-proses dalam sistem tersebut.
·Keeuntungan DFD Logis dibandingkan dengan DFD Fisik adalah dapat memusatkan perhatian pada fungsi-fungsi yang dilakukan sistem.
·Perlu diperhatikan dalam dalam pemberian label /keterangan :
1.      Lingkaran-lingkaran (Simbol Proses) menjelaskan apa yang dilakukan sistem.
Contohnya; menerima pembayaran, mencatat penjualan, membandingkan kas dan daftar penerimaan, mempersiapkansetoran dan lain-lain.
2.      Aliran-aliran data (Simbol aliran data) menggambarkan sifat data.
Contohnya; pembayaran (bukan Cek, Kas, kartu kredit, jurnal penjualan (bukan buku penjualan) dan lain-lain.
Oke setelah temen-temen tau apa itu DFD kini saya akan membahas poin kedua yaitu Flowchart dan mungkin sudah sangat familiar kata flowchart. Namun saya akan membahas flowchart dalam garis besarnya saja. Secara umum flowchart adalah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritman dalam satu program, yang menyatakan arah alur program tersebut. Dan berikut pengertian flowchart dari para ahli ;
Ø  Flowchart adlaah sebuah gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma-algoritma dalam suatu program yang menyatakan arah alur program tersebut. (Pahlevy, 2010)
Ø  Flowchart adalah bagan (Chart) yang menunjukan alir atau arus (Flow) didalam program atau prosedur sistem secara logika. (Jogiyanto, 2005)

Gambar. 05 Simbol Flowchart
Sekian yang dapat saya sampaikan dan mungkin ini hanya sebatas pengenalan dasar tentang DFD dan Flowchart yang mudah-mudahan bisa bermanfaat. Terimakasih sudah menyempatkan mampir :D hehehe

                                                                                                                                            

Daftar Pustaka

1.      Deni Darmawan, Kunkun Nur Fauzi (2013), Sistem Informasi Manajemen, Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya
2.      Muhada, Yo Ceng Giap (2010), Pengantar Sistem Teknologi Informasi, Jakarta: Mitra Wacana Media
3.      Yakub, (2012), Pengantar Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu
Sumber internet :
2.      www.anhastography.blogspot.com/2015/04/data-flow-diagram-dfd.html?m=1 (Diakses: Kamis, 13 September 2018)
3.      www.sumberpengertian.co/pengertian-flowchart-menurut-para-ahli-lengkap (Diakses: Kamis 13 September 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Teknologi RFID pada e-Toll card

Pembayaran e-Toll Mudahkah?? Begini Diagram Alir nya.. Oleh : Noni Anggraeni Dewasa ini perkembangan teknologi semakin melaju pesat. Ha...

STMIK KHARISMA Karawang

STMIK KHARISMA Karawang